Sabtu, 27 Agustus 2016

Bibit Jambu Air Citra

Jambu Air Citra

Jambu air citra adalah salah satu tanaman buah yang hidup di daerah tropis. Jambu air citra memiliki daging buah yang tebal, dengan rasa yang empuk dan jusi karena kandungan airnya yang tinggi. Jambu air bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk menjaga keremajaan kulit anda. Buah yang segar ini berasal dari Asia Tenggara yang dahulu dikenal dengan indocina yang selanjutnya menyebar ke seluruh wilayah nusantara. Jenis jambu ini tidak memiliki biji di dalamnya.
Ukuran buah jambu air citra yang besar dapat mencapai berat sekitar 100-200 gram per buah. Jika perawatan pada tanaman ini sangat baik maka dapat menghasilkan buah hingga berat mencapai 200-350 gram. Di dalam jambu air ini kandungan airnya hampir 93% pada setiap buahnya.
bibit jambu air citra
Tanaman jambu air citra memiliki ciri pohonnya yang relatif pendek dan rimbun daripada jenis jambu air lain. Memiliki batang bentuk bulat, serta permukaan yang halus berwarna coklat dan bercabang. Daun berbentuk tombak dengan perbandingan antara panjang dan lebar daun yaitu 3:2. Waktu muda daunnya berwarna merah keunguan atau merah kecoklatan, sedangkan saat tua daun berwarna hijau.
Tanaman jambu air citra ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap  ulat pemakan daun, hama penggerek batang maupun penyakit jamur daun. Tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Jambu Air Citra ?

Jambu air citra mempunyai nama ilmiah yaitu Eugenia Aquea. Tanaman ini bisa ditanam baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk menanamnya anda dapat menanamnya di tanah secara langsung atau dapat menggunakan pot dengan diameter lebih dari 60 cm. umur berbuahnya yaitu sekitar 1 – 2 tahun.
Untuk mendapat hasil yang optimal anda dapat merawat tanaman ini dengan menggunakan media yang gembur serta menambahkan kompos ke lubang tanam dari tanaman jambu air citra sekitar 1-2 kg per lubangnya. Siram sekali dalam sehari. Pemupukan dilakukan sekali dalam seminggu. Pupuk NPK ditabur dan dibenamkan pada sekeliling kanopi tanaman tersebut serta membersihkan gulma pada tanaman secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar